Arisetya

Lihat, pahami, rasakan!

RPP

RPP

(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

Sekolah : SMP Islam Diponegoro Surakarta

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/ semester : VIII/ I

Aspek : 3. Membaca

Standar Kompetensi : Kemampuan membaca memindai ensiklopedi/ buku telepon, membaca cepat, membaca intensif petunjuk/ denah, dan membaca intensif buku biografi

Kompetensi Dasar : Peserta didik mampu membaca memindai ensiklopedi/buku telepon untuk menemukan informasi secara cepat

Indikator : 1. Mampu membaca memindai buku telepon

2. Mampu menemukan informasi dari buku telepon secara cepat

3. Mampu menemukan informasi dari Halaman Kuning (Yellow pages)

Alokasi Waktu : 1 x 40 menit ( 1 kali pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu memindai buku telepon untuk menemukan informasi secara cepat

B. Materi Pembelajaran

Membaca buku telepon memerlukan strategi yang tepat. Jumlah nomor telepon yang tertera dalam buku telepon bisa berjumlah ratusan, bahkan ribuan. Untuk menemukan nomor secara tepat, teknik yang dapat digunakan adalah tekinik membaca memindai. Buku telepon memuat daftar nomor-nomor telepon dalam wilayah tertentu. Karena nomor telepon dalam suatu wilayah jumlahknya banayak, penyususnannya dilakukan secara alfabetis. Artinya, nama-nama yang memiliki nomor telepon diurutkan berdasarkan abjad, baik dalam urutan vertikal maupun horisontal. Di belakang nama tersebut diikuti alamat dan nomor teleponnya.

Membaca memindai

Adalah membaca cepat untuk menemukan informasi tertentu. Membaca memindai buku telepon berarti membaca cepat buku telepon untuk mencari nama dan nomor telepon tertentu. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Lihatlah dahulu huruf pertama nama yang kamu cari!
  2. Bukalah lembaran buku telepon sesuai dengan huruf pertama nama yang kamu cari
  3. Carilah nama yang kamu cari
  4. Jika ada nama ang huruf pertamanya sama, lihatkah huruf kedua, ketiga, dan seterusnya
  5. Seandainya ada kesamaan nama, lihatlah alamatnya

Dalam buku telepon juga terdapat bagian buku telepon yang khusus memuat informais bisnis. Halaman tersebut terletak di bagian belakang. Di dalam halaman kuning ini terdapat nama, alamat, dan nomor telepin bidang usaha. Jika seseorang ingin mencari alamat dan nomor telepon suatu perusahaan, dia dapat mencarinya di halaman tersebut.

Daftar nama instansi dibuat berdasarkan jenis usahanya, misalnya usaha yang bergerak di bidang mebel, telekomunikasi, dan percetakan. Cara ini memudahkan pengguna buku menemukan alamat dan nomor telepon dengan cepat.

C. Metode Pembelajaran

a. Tanya jawab

b. Ceramah

c. Inkuiri

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

1. Kegiatan awal

a. Guru melakukan apersepsi

b. Guru menampilkan materi membaca memindai dalam tampilan OHP

2. Kegiatan Inti

a. Siswa diberi pertanyaan tentang informasi dalam buku telepon

b. Siswa mencari informasi dalam halaman kuning

c. Siswa diberi pertanyaan yang berkaitan dengan informasi dalam halaman kuning

3. Kegiatan Akhir

Guru dan siswa melakukan kesimpulan dan refleksi

E. Sumber Belajar

1. Daftar telepon dan Yellow Pages/ halaman kuning

2. Buku Paket Bahasa Indonesia

F. Penilaian

1. Teknik : Tes Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen : Uji petik kerja

3. Soal/ instrument

1. Bacalah pertanyaan di bawah ini dan temukan jawabannya dalam buku telepon dan Yellow pages yang telah dibagikan!

Soal

  1. Malam itu hujan lebat. Besok senin kamu akan menghadap ujian semesteran. Kamu harus belajar dua mata pelajaran sekaligus. Seketika itu juga lampu padam. Di luar sana hampir tak ada penerangan. Kamu sibuk mencari lilin, lalu mengidupkannya untuk belajar. Tetapi ruangan tak jua terang. Kamu punya inisiatif meminjam HP kakak kamu untuk menelepon PLN terdekat. Nomor manakah yang dapat kau hubungi??
  2. Seorang teman kamu pingsan karena seharian belum makan. Ternyata ia punya penyakit maagh yang cukup serius. Lalu kamu membawanya ke UKS, tetap ia tak kunjung sembuh. Ke manakah kamu harus menghubungi ambulance nya??
  3. Saudara kamu akan pulang ke daerahnya setelah seminggu berada di rumahmu. Saudaramu berencana akan pulang pagi dini hari agar sampa di rumah tidak kemalaman. Kamu pun tidak tahu bis apa yang akan berangkat pag dini hari. Nomor mana yang harus kamu hubungi untuk mengetahui jadwal keberangkatan bus tersebut?

No

Aspek

Skor

1.

Ketepatan jawaban

10

2.

Kecepatan menemukan jawaban

10

Jumlah Skor

20

Skor maksimum

Nomor 1 = 15

Nomor 2 = 20

Jumlah skor = 35

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor X skor ideal (100)=……

Guru Praktikan

Ari Setyaningsih

K 1205007

November 17, 2008 - Posted by | Bahasa

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: