Arisetya

Lihat, pahami, rasakan!

Materi Stage Manager (Manager Panggung)

Stage Manager/manager panggung adalah orang di belakang panggung yang bergelut dengan dunia pemanggungan (termasuk Lighting, setting, meke up costum, dan musik)

apa yang dilakukan?

>Sutradara galak- Pemain nyaman

>Pemain tepat waktu

>Artistik tepat waktu

Stage manager harus paham kondisi , arif, diplomatis, percaya diri, terbuka, mengungkapkan diri, riang, tahu membawa diri, terbuka, suka kebersamaan, canda, punya daya humor, kebiasaan melucu, membuat orang lain ceria/ senang.

selain itu, ia juga harus efektif (terampil berkomunikasi dengan orang-orang di segala lapisan, menggunakan akal, tidak pelupa, ramah, mengindahkan orang lain, wajar, menjadi diri sendiri, jeli melihat ke depan, waspada, tetap tenang, punya Plan A dan Plan B jika keadaan darurat, berkembang (belajar dari pengalaman terdahulu), giat, bertenaga, penuh semangat, tunjukan gairah, hormat pada diri sendiri, hormat pada orang lain.

Tunjukan bahwa teman-teman adalah satu tim, jika salah satu hilang pertunjukan tidak terjadi. yang terpenting adalah: tidak takut memikul tanggung jawab.

Stage manager bekerja pada saat sutradara bertemu dengan para pemainnya untuk pertama kali. termasuk juga membuat jadwal latihan. Jadi ada kesepakatan dan kepercayaan dari sutradara dan stage manager.

Stage manager punya naskah pemandu yang dikenal dengan prompt Book, yaitu catatan yang diperbaharui secara berkesinambungan tentang latihan dan pementasan serta memuat informasi untuk penyelenggaraan latihan dan pementasan dari hari ke hari.

Sebelumnya ada pertemuan antara Pimpinan produksi, Stage manager, dan sutradara.

Stage manager juga membuat working diffision, membantu memanage kejadian/adegan -adegan. ia punya pegangan naskah yang telah ia bedah yang nantinya juga akan membantunya memenage kejadian/ adegan.

pada umumnya, stage manager juga menjadi Superman, alias orang yang bekerja sendiri dan menjadi segala-galanya. maka dalam hal ini adalah keliru. stage manager memanage orang-orang yang bekerja dalam artistik dan menyatukan mereka. ia harus memotivasi dan memberi masukan kepada kru agar dapat bekerja dan selesai tepat waktu dalam menjalankan pekerjaannya.

hubungannnya dengan pimpro? Pimpro/ pimpinan produksi mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pemroduksian. Nah, stage managerlah yang mengubungkan pimpinan prosuksi dengan sutradara.

jadi penting sekali bagi stage manager untuk mengetahui naskah. setelah membaca naskah, ia mempresentasikannya kepada pemain, sutradara, dan kru artistik.

pada saat pementasan, stage manager lah yang berwenang mengatur jalannya acara, termasuk juga membuat Run Down/ susunan acara yang telah menjadi dan diketahui oleh semua kru, pemain, dan sutradara. di tempat pementasan ia lah yang paling mengetahui detail acara, apa yang harus dilakukan, dan mengerti setiap detail tempat/ area pementasan.

*catatan ini aku dapat dari workshop Stage manager Oleh Sari Madjid “teater Koma”. Mbak sari madjid ini adalah Stage manager terbaik di Indonesia dan sering bekerja pada setiap event pementasan teater koma.

November 30, 2008 - Posted by | Teater

1 Komentar »

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Komentar oleh muhjamil | Desember 31, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: